Selasa, 12 Maret 2013



POKOK PEMBAHASAN TENTANG ARTIKEL SEKRETARIS

                    Artikel sekretaris – peranan sekretaris adalah sebagai asisstant atau tangan kanan pimpinan, pemegang rahasia terbaik perusahaan, sebagai beranda perusahaan, sebagai penghubung pimpinan dengan pihak luar, perawat atau pelindung pimpinan, jadi sangat diperlukan sekretaris yang profesional. Kemampuan dan keterampilan teknis harus mutlak dimiliki seorang sekretaris profesional untuk segala bidang ilmu. Kemampuan berkomunikasi dan interaksi dengan pimpinan, pihak luar dan juga rekan bisnis juga merupakan peranan yang sangat penting bagi seorang sekretaris, dia juga harus mempunyai wawasan yang luas untuk dapat bersaing didunia bisnis. Pada era globalisasi ini, para eksekutif memiliki mobilitas yang tinggi, yang tentu saja menyebabkan peran seorang sekretaris menjadi semakin penting.
               Untuk menjadi seorang sekretaris yang profesional harus memiliki keterampilan dan kemampuan seperti :
1.      Kemampuan dan keterampilan teknis yang harus dan mutlak di kuasai oleh seorang sekretaris seperti computer, bahasa inggris, shorthand dan filling.
2.     Kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi, oleh karena tugas sekretaris adalah berhubungan dengan berbagai individu yang masing-masing berbeda latar belakang, berbeda status sosial, berbeda kepentingan, berbeda kedudukan, maka sekretaris dituntut mampu memahami pihak-pihak yang terlibat dengannya.
3.    Keterampilan penggunaan mesin-mesin kantor (PABX, mesin printer, mesin fotocopy, scanner, mesin fax dan lain sebagainya).
               Selain hal tersebut diatas sekretaris yang profesional secara teknik harus menguasai pekerjaan dan memiliki kecerdasan emosi yang tinggi dalam :
1.      Pengambilan keputusan
2.     Kepemimpinan
3.    Kepuasan pelanggan
4.    Kerjasama dan saling percaya
               Dalam fungsinya sebagai sekretaris yang professional, sekretaris dituntut mampu bekerja mandiri, bekerja tanpa pengawasan, untuk itu harus memiliki komitmen pada tugas. Tugas dan tanggung jawab seorang sekretaris professional tidak hanya terbatas pada kelancaran kerja administrasi perusahaan. Lebih dari itu, seorang sekretaris professional harus mampu mengkoordinasikan kegiatan kerja atasannya. Dalam hal ini segala pekerjaan yang berhubungan dengan komunikasi dan hubungan dengan relasi pada eksekutif merupakan kewajiban dari seorang sekretaris dan menuntut kemampuan yang memadai. Seorang sekretaris yang professional sangat berperan dalam pencapaian sasaran perusahaan, sesuai dengan target yang telah dicanangkan. Untuk itu ia harus juga mengembangkan diri dalam kemampuan manajerial yang jauh lebih luas daripada keterampilan professional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar